MEMBEDAKAN WAKAF DENGAN DERMA SOSIAL LAINNYA

Bila Anda ingin berinfestasi akherat berupa "WAKAF" untuk pembebebasan tanah dan bangunan Asrama yatim yang di jual pemiliknya. Total pembiyaan 290 X 3,000,000,- Rp. 870,000,000,00. (0,5 M Rp.1,500,000. dst ) salurkan  ke Rek.Mandiri : 125.00.11955.234. Konfirmasi : Nama [ Spasi ] Jumlah [ Spasi ] Alamat ..SMS ke 0813 1523 4242. 

Dari tata cara transaksinya, wakaf dapat dipandang sebagai salah satu bentuk amal yang mirip dengan shadaqah. Yang membedakannya adalah bahwa dalam shadaqah, baik pokok (substansinya) maupun hasil/manfaat yang diperoleh dari pengelolaannya, aeluruhnya ditransfer (dipindah-tangankan) kepada yang berhak menerimanya,sedangkan pada wakaf, yang ditransfer hanya hasil/manfaatnya, sedangkan pokoknya tetap dipertahankan. Sementara itu, perbedaan wakaf dengan hibah adalah bahwa dalam hibah, pokok (substansi) dapat dipindah tangankan dari seseorang kepada orang lain tanpa ada persyaratan, sedangkan pada wakaf ada persyaratan penggunaan yang telah ditentukan wakif. Tujuannya sama-sama dilandasi oleh semangat keagamaan.

       Dengan demikian, jelaslah bahwa hasil yang diperoleh dari pengelolaan aset wakaf tidak dapat dianggap sebagai zakat yang hukumnya wajib setelah harta memenuhi persyaratan tertentu dengan kadar/besar zakat tertentu dan diterimakan  kepada delapan golongan sebagaimana termaktub dalam Al-Qur'an, Surat At-Taubah:60. Perlu juga dicatat bahwa wakaf berbeda dengan Trust. Pada wakaf, kepemilikan diserahkan kepada trustee (wali/pengawas). Berbeda dengan wakaf, maka sifat Trust adalah sebagai berikut :(1) tidak selalu merupakan penyerahan abadi tanpa batas waktu,(2)dapat diubah atau dibatalkan,dan (3) motifnyapun bukan sebagai bentuk ketaatan kepada agama.